Thursday 9 August 2012

Tiga Jenis Lantai Kayu Yang Dapat Anda Pilih Saat Hendak Memasang Lantai Kayu di Rumah Anda



Berikut ini merupakan 3 jenis lantai kayu yang bisa anda pilih ketika hendak memasang lantai  kayu di rumah anda, yaitu:

1.Lantai kayu solid, dimana lantai kayu solid berasal dari kayu asli. Dahulu kala, masyarakat mengetahui bentuk lantai kayu solid dalam bentuk potongan kayu utuh yang dipasang untuk menutupi permukaan lantai rumah. 

Dewasa ini, lantai kayu solid telah dibuat dalam bentuk lembaran panel serta mempunyai celah yang membuat gampang dalam hal pemasangannya.

Adapun kelebihan lantai kayu solid adalah:

- Serat kayu dapat terlihat sehingga menambah kesan elegan eksotis.

Adapun kekurangan lantai kayu solid adalah:

- Adanya perubahan musim atau cuaca membuat kayu tidak awet.

- Tetap akan mengalami muai susut bila tak dilakukan pemeliharaan dengan benar sebelum dipasang di lantai.

- Kayu wajib dioven dulu , agar kadar kelembaban kayu menjadi berkurang.

2. Lantai kayu engineered, atau nama lainnya lantai kayu multi layer.

 Adapun proses pembuatan Lantai kayu engineered adalah sebagai berikut:

Bahan baku berupa kayu solid dipotong dengan ketebalan tertentu serta kemudian secara bersilangan ditumpuk ( vertikal dan horizontal ). 

Tumpukan lalu ditekan agar menjadi padat. Lapisan pelindung kemudian ditaruh dibagian atas permukaannya, akibatnya tampilan menjadi lebih halus serta debu maupun kotoran menjadi tidak gampang untuk masuk ke dalam pori kayu.

3. Lantai Kayu HDF, dengan nama lain lantai kayu laminated. Serbuk kayu yang telah dipadatkan di dalam suhu yang tinggi merupakan bahan dasar utama untuk jenis lantai kayu ini.

 HDF atau High Density Fiber merupakan istilah untuk serbuk kayu yang dipadatkan. Adapun lapisan pelindung diberikan di atas permukaan HDF supaya dapat mencegah terjadinya goresan.

No comments:

Post a Comment