Thursday 23 August 2012

Wisata Ke Daerah Lokasi Wisata ke Istana Ratu Boko


Berikut ini merupakan penjelasan mengenai wisata ke lokasi daerah wisata Istana Ratu Boko, yaitu:

1. Bukit Ratu Boko hanya berjarak 3 kilometer dari candi Prambanan. kita perlu menaiki anak tangga yg curam untuk sampai di pintu gerbang masuk sambil membayar biaya administrasi agar bisa masuk ke Istana Ratu Boko.

2. Di pelataran candi Ratu Boko, kita bisa melihat di sisi kiri pelataran akan nampak Gunung Merapi serta candi Prambanan.

3. Candi Istana Ratu Boko terletak di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut dengan luas pelataran mencapai 250.000 meter persegi.

4. Candi Istana Ratu Boko ( Raja Bangau ) dibuat pada zaman Rakai Panangkaran yang rupanya masih keturunan Wangsa Syailendra.

5. Pihak pengelola Candi Istana Ratu Boko membangun Andrawina, yaitu suatu bangunan di sisi utara bukit yang menghadap ke kota Yogyakarta. Bukit tersebut dapat dijadikan tempat melihat kaki langit di ufuk barat.

6. Anda bisa menikmati momen golden sunset atau matahari terbenam dari pelataran Candi Istana Ratu Boko  atau Andarwina dengan warna langit menjadi tergradasi ke warna hangat yang indah.

7. Anda bisa masuk ke Plengkung Gading, satu dari 5 pintu gerbang ke dalam keraton yang masih bisa dimasuki. Plengkung Gading atau Nirbaya terletak di sisi selatan, lalu Plengkung Tarunasura atau Wijilan berada di sisi timur alun-alun utara.

8. Dari pelataran Plengkung Gading, masih tampak sebuah gerbang yang gede serta memiliki tembok yang tebal, dimana menurut cerita yang beredar, gerbang tersebut dipakai untuk mengantar sultan yang meninggal menuju ke Imogiri.

No comments:

Post a Comment