Wednesday 22 August 2012

Daerah Wisata Bontang Kuala, Venesia dari Kalimantan Timur, Indonesia



Mungkin banyak yang belum tahu daerah lokasi wisata Bontang Kuala, Bontang, yang dijuluki sebagai "Venesia dari Kalimantan Timur."

Bontang Kuala bisa dikunjungi setelah menempuh perjalanan sekitar 10 menit dari Bontang.

Bontang Kuala merupakan lokasi daerah wisata terkenal di Kalimantan Timur. Sebagian besar rumah di Bontang Kuala dibikin dari kayu.

Bontang Kuala merupakan tempat penghasil terasi serta rumput laut. 

Bontang Kuala mempunyai kemiripan dengan daerah Venesia, Italia , namun perbedaannya terletak di bahan pembuat bangunannya, dimana bangunan di Bontang Kuala dibuat dari kayu, bukan dari tembok batu.
Bontang Kuala tidak bisa dijangkau dengan kendaraan mobil. 

Kita harus berjalan kaki agar dapat sampai di Bontang Kuala. Berjalan kaki di Bontang Kuala sangat bisa dinikmati dengan melihat pemandangan pesisir pantai. Adapun ruas jalan dibuat dari kayu ulin , disusun dengan berjajar seperti trotoar.

Bagi anda yang ingin mencoba kuliner Bontang Kuala , maka anda bisa mencicipi makanan khas Bontang Kuala yaitu seafood-nya, contohnya ikan Kerapu Bakar Belah Urung yang dapat dicocol dengan sambal gami.

Waktu yang paling cocok untuk anda berkunjung ke Bontang Kuala adalah akhir tahun atau di bulan Desember, sebab pada saat tersebut diadakan Pesta Laut di Bontang Kuala. 

Pesta Laut adalah suatu upacara Mejamu Karang yang bertujuan untuk memberikan sesembahan kepada penguasa laut, dengan tujuan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas pemberian hasil laut kapada warga Bontang Kuala .

1 comment: