Tuesday 7 August 2012

Tiga Penyakit Yang Paling Sering Menjangkiti Banyak Pemudik Sehingga Terkena Penyakit Infeksi Pernapasan Akut, Diare dan Radang Kemih




Ternyata 3 penyakit yang paling sering diderita oleh para pemudik liburan Lebaran adalah:

1. Penyakit Infeksi Pernapasan Akut, dimana banyak kerumunan lautan manusia pemudik lebaran yang berkumpul seperti di terminal, bandara serta stasiun, maka kuman penyakit sangat gampang ditularkan melalui udara lewat batuk serta bersin yang tidak ditutup, sehingga pemudik sangat rentan terkena infeksi pada saluran pernapasan.

2. Diare, dimana banyak fasilitas umum dipakai oleh banyak pemudik , di sepanjang jalur mudik lebaran , seperti WC,  sehingga banyak kuman penyakit yang menempel di tempat yang sering dipegang oleh tangan kita, seperti pegangan tangga, mesin ATM, pegangan pintu, keran air, serta tombol pembilas toilet. 
Apabila anda tidak mencuci tangan saat makan, maka rentan sekali untuk terkena diare.

3.Radang Kemih, dimana penyakit ini lebih sering menyerang perempuan wanita sebab saat mudik, kadang dibutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan bisa berjam-jam lamanya akibat macet sehingga banyak wanita yang menahan untuk buang air kecil atau kencing. 

Air yang dipakai di kamar mandi di fasilitas umum di sepanjang jalur mudik juga tidak terjamin kebersihannya sehingga rentan mengandung bakteri E Coli, yang diteliti banyak menyerang kandungan kemih pada wanita, sehingga timbul radang.  

Lalu, berikut ini beberapa tips untuk menghindari terkena penyakit- penyakit tersebut , saat anda mudik Lebaran ke kampung halaman, yaitu:

1. Jaga daya tahan tubuh supaya tidak gampang diserang kuman penyakit, yaitu dengan cara istirahatlah yang cukup sebelum mudik, makan makanan yang bergizi dan bervitamin.

2.Jagalah kebersihan diri dengan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun, pilihlah makanan yang bagus ( panas, bersih serta matang  ). Menurut penelitian, kegiatan mencuci tangan sebelum makan dapat menurunkan resiko terkena diare sebesar 47 %.

3. Pelajari situasi penyakit daerah tujuan tertentu. 

No comments:

Post a Comment