Saturday 11 August 2012

Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Anda Mudik Lebaran Pulang Kampung



Berikut ini ada beberapa tips bagi anda agar rumah tetap aman saat anda mudik Lebaran pulang kampung, yaitu:

1. Jangan lupa untuk tidak menyalakan semua peralatan elektronik di rumah, contonya TV, komputer, Air Conditioner, alat penggosok baju. Jangan lupa mencabut kabel peralatan listrik tersebut dari stop kontaknya supaya terhindar dari resiko hubungan arus pendek ( korsleting ).

2.  Jangan lupa untuk mematikan kompor gas anda, bila perlu, anda hendaknya mencabut selang gas dari kompor gas anda. Matikan peralatan memasak lainnya.

3. Jangan lupa untuk mematikan keran air di rumah anda.

4. Hidupkan lampu yang terletak diluar rumah anda dan juga lampu yang ada di bagian rumah lainnya seperti pada ruang tamu atau pada teras rumah. Bisa juga anda memakai lampu yang memakai pengatur LED otomatis, dimana lampu akan menyala saat hari sudah gelap, dan lampu akan segera mati saat hari sudah pagi.

5. Jangan menaruh perhiasan serta barang berharga seperti uang di dalam lemari,sebab lemari merupakan tujuan utama bagi si pencuri saat merampok rumah yang sedang kosong. Simpanlah uang di bank atau taruh di tempat khusus yang tidak terlihat orang secara mencolok.

6.Kenakanlah kunci tambahan pada kendaraan pribadi anda, serta tutup kendaraan pribadi anda dengan memakai penutup yang khusus.

7. Jangan lupa untuk mengunci jendela serta pintu.

8. Bila ada budget, pakailah alarm serta kamera pengawas atau CCTV di tempat tertentu di rumah anda.

9. Bila anda memelihara binatang kesayangan, maka titipkan ke tempat khusus penitipan binatang. Bisa juga anda titipkan ke kerabat atau teman terdekat yang anda percayai.

10. Beri tahu bila anda hendak mudik kepada ketua RT/RW dan jangan lupa memberikan nomor telepon anda yang bisa dihubungi segera.

11. Bila ada tetangga yang tidak mudik, maka dapat anda minta bantuannya untuk mengawasi keadaan rumah anda saat ditinggal mudik.

12. Ada baiknya anda berhenti langganan koran atau majalah saat anda mudik , sebab majalah dan koran yang menumpuk di depan halaman rumah anda dapat memberi kesan bahwa rumah anda sedang kosong sementara waktu sehingga bisa beresiko mengundang pencuri.

13. Taruhlah sandal - sandal di depan rumah anda untuk memberikan kesan bahwa anda sedang berada di dalam rumah. 

No comments:

Post a Comment